Kamis, 08 Maret 2012

PANDUAN PENGAJUAN USULAN PROGRAM HIBAH PENULISAN BUKU TEKS PERGURUAN TINGGI TAHUN 2012

Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DOWNLOAD
LATAR BELAKANG

Program Hibah Penulisan Buku Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2000. Program ini terbuka bagi dosen perguruan tinggi yang telah memiliki naskah buku teks pembelajaran yang diturunkan dari pengalaman penelitiannya di Indonesia ditambah dengan hasil penelitian orang lain yang dilakukan di Indonesia dalam bidang ilmu apapun tetapi belum diterbitkan. Program ini tidak dimaksudkan untuk menulis ulang tesis atau disertasi menjadi sebuah buku.
Tidak sedikit jumlah dosen Indonesia yang berpengalaman dalam melakukan penelitian yang berhasil. Dosen yang mengikuti program penelitian multitahun seperti Hibah Bersaing, Hibah Tim, dan Riset Unggulan Terpadu telah menguasai state of the art dalam bidang keahliannya. Pengalaman tersebut sepatutnya dimanfaatkan sebagai modal dasar untuk menulis buku teks. Namun sangat disayangkan jumlah buku yang ditulis dosen masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah dosen yang tercatat di perguruan tinggi Indonesia.
Program ini tidak membiayai penyiapan atau penerbitan naskah buku, tetapi menyediakan sejumlah dana untuk penyempurnaan, konsultasi, penggandaan naskah akhir, dan hibah bagi penulis. DP2M mengharapkan para penulis melaporkan dan memberikan satu eksemplar bukti terbit, jika naskah yang memperoleh dana bantuan ini diterbitkan oleh penerbit komersial.
Bagi para pemenang/penerima hibah, hak kepengarangan tetap ada pada penulis. Royalti tetap menjadi hak penulis atau institusi tempat penulis bekerja. Royalti adalah suatu yang perlu diraih untuk menggerakkan perguruan tinggi berotonomi. Perlu ditambahkan bahwa credit point penulisan buku menurut peraturan kenaikan pangkat yang baru cukup menarik, dalam bidang ilmu apapun.

Sumber : kopertis6

DOWNLOAD Surat pemberitahuan dari kopertis6
DOWNLOAD Buku PANDUAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar