Minggu, 04 April 2010

Toksisitas dan Efek Samping Sulfonamid


Sulfonamid mempunyai potensi untuk menyebabkan berbagai reaksi yang tidak diinginkan, termasuk gangguan saluran kemih, gangguan haemopoietik, porfiria dan reaksi hipersensitivitas. Ketika digunakan dalam dosis besar, sulfonamida dapat menyebabkan reaksi alergi yang cukup kuat. Dua reaksi alergi yang paling serius adalah sindrom Stevens-Johnson dan Lyell Sindrom (juga dikenal sebagai epidermal toksik nekrolisis).  reaksi toksisitas sulfonamid yang utama adalah reaksi alergi (tipe I, II, III dan IV).


Alergi dapat terjadi bila seseorang mengalami suatu reaksi hipersensitivitas yang sangat spesifik terhadap suatu zat atau senyawa tertentu. Alergi atau reaksi hipersentivitas dapat berupa reaksi lokal pada organ tertentu atau menyeluruh (efek sistemik). Berdasarkan waktu timbulnya  reaksi alergi dapat dibedakan  menjadi akut, sub akut dan kronis atau terjadi langsung dan reaksi yang tertunda. 
Alergi obat merupakan alergi yang disebabkan oleh suatu obat selama proses pengobatan. Reaksi tersebut terjadi dengan diperantarai oleh IgE setelah seseorang terpapar oleh suatu obat secara berulang kali. Seseorang yang memiliki riwayat alergi, maka reaksi tersebut dapat timbul kembali apabila terpapar dengan obat yang sama sekalipun pemberian dengan dosis yang lebih rendah. Berbagai gejala klinik sering menyertai reaksi alergi, baik dari yang ringan sampai dengan yang berat.
Secara umum terjadinya reaksi alergi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut:
a.       Faktor obat
      Kapasitas proses induksi untuk terjadinya respon imum tergantung pada kapasitas kereaktifan dari obat atau metabolitnya untuk membentuk ikatan dengan jaringan protein kemudian memilki fungsi sebagai imunogen.

b.      Faktor pasien
1.     Umur : berdasarkan umur, maka reaksi alergi lebih banyak ditemukan pada pasien yang berusia lanjut, hal ini kemungkinan disebabkan berkembangnya defisiensi imunologi.
2.      Genetik:  terjadinya reaksi hipersentivitas umumnya hanya ditemukan pada beberapa pasien saja, hal ini kemungkinan disebabkan adanya hubungan antara reaksi hipersensitivitas obat dengan regulasi genetik. 

Mekanisme Alergi Sulfonamida
Mekanisme terjadinya alergi sulfonamid belum sepenuhnya diketahui, tetapi beberapa prinsip sudah dapat dijelaskan. Istilah Sulfonamide diberlakukan untuk suatu kelompok sulfon yang terhubung dengan kelompok amina. Semua antibiotik sulfonamida adalah arilamin...........................
untuk membaca lanjutan artikel ini (Free Full Text Artikel), silahkan download versi PDF nya ya.....
DOWNLOAD (File PDF 400 kb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar